Selasa, 23 Februari 2016

Gunung Botak Dalam Foto



Sejak ditemukan adanya kandungan emas di gunung Botak Pulau Buru, ribuan penambang mulai memadati area sekitar pegunungan dimana lokasi Emas di temukan. Tak heran jika ribuan tenda memadati area sekitar pengunungan sehingga menjadikan sebuah pamukiman yang berada  di puncak gunung.

Area ini dulunya adalah adalah hutan belantara yang tak berpenduduk. Namun saat titik Emas ditemuka, area ini berubah 180 derajat dari sebelumnya. 

Ribuan tenda memadati pengunggan yang diberi julukan GUNUNG BOTAK.

Karena ini adalah tambang ilegal maka tak heran banyak aktifitas sosial yang sering terjadi pasca tambang ini berjalan. 

Tak tinggal diam, bagi pecinta foto Human Interest, ini adalah tantangan bagi pecinta foto untuk bisa mengabadikan aktifitas para penambang. Baik penambang dari masyarakat setempat (Masyarakat Adat) maupun penambang yang datang dari luar Pulau Buru.



Aktifitas seperti ini kini tak dapat kita jumpai. Mengingat tambang Gunung Botak telah dikelola oleh salah satu perusahaan tambang. Sehinga momen aktifitas penambangan seperti yang kita liat kini tak ada lagi alias dihentikan.

Dari beberapa foto yang dapat kita lihat setidaknya menjadi bukti sejarah bahwa robuan orang pernah bermukim dipuncak gunung yang dulunya hutan belantara.

NAMLEA - PULAU BURU - MALUKU
(Ridho Nacikit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar